PENGANTAR
Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!Dalam persyaratan Standar Akreditasi Rumah Sakit (SNARS Ed-1) Edisi 1 yang akan efektif pada bulan januari 2018 terdapat Elemen Penilaian IPKP.6 yang menyebutkan rumah sakit wajib melakukan survei soal kepuasan pasien pada pelayanan yang diberikan di rumah sakit atas dilaksanakannya pendidikan atau pelatihan klinis sekurang-kurangnya sekali setahun. Rumah sakit harus bisa mengukur harapan dan kepuasan pasien serta keluarga, dan menjadikannya salah satu indikator sasaran mutu manajerial internal rumah sakit. Denang Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan survey kepuasan pasien dan keluarga. Survey ini sebaiknya dilakukan setiap hari untuk pasien yang datang ke rumah sakit. Untuk rawat inap, survey akan dilakukan pada saat pasien menjelang pulang. Sedangkan pasien untuk rawat jalan, survey dilakukan setelah mendapatkan pelayanan.
Agar hasilnya memuaskan, sebaiknya dibuat target responden yang jelas. Misalnya untuk pasien rawat inap diberi lembar quesioner survey untuk diisi. Untuk pasien rawat jalan minimal 50% mengisi quesioner. Untuk mewujudkan hal itu, rumah sakit di haruskan untuk membuat quesioner, melakukan sosialisasi, menentukan teknis pendistribusian dan pengumpulan quesioner, analisa hasil, membuat kesimpulan, evaluasi hasil terhadap target, tindak lanjut dan lain-lain.
Beda lagi dengan survey kepuasan karyawan, aktivitas ini sebaiknya dikoordinir oleh satu unit khusus, misalnya unit customer relation. Selanjutnya, hasil survey dipresentasikan setiap bulan ke semua unit staf pelayanan dan mereka diminta membuat action plan jika hasilnya dibawah target. Dengan demikian semakin lama angka kepuasan pasien akan semakin meningkat. Dan tentu saja hal ini berdampak langsung pada mutu dan angka kunjungan pasien rumah sakit.
TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
Pelatihan ini akan menerangkan pada pemahaman tentang berbagai faktor yang menjadi penyebab tidak terpenuhinya harapan pasien. Pelatihan ini memberikan para peserta dengan kemampuan tentang berbagai aspek, teknik dan metodologi survey untuk mengenali kepuasan para pasien. Selain itu, pelatihan ini juga akan membekali pemahaman mengenai analisis statistik yang berhubungan dengan pengukuran kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.
MATERI PELATIHAN
- Requirement of Customer Satisfaction on SNARS Ed.1 and JCI Accreditation
- Goal to Implementing Survey Customer Satisfaction in Hospital
- Basic and Principle Survey Customer Satisfaction
- Indicator and Variable of Customer Satisfaction
- Various Technique of Survey
- Customer Satisfaction Method Survey
- Data Sizing and Report Processing
- Data analysis and Statistics Test
- Key to Successful Implementation of Survery Customer Satisfaction in Hospital
Other Team:
- dr. Tresia Mahaputeri Nusantari Maghfirah, S.Ked, MARS, MPM.
- dr. Hasri Dinirianti, MARS
- Nur Intania Sofianita, S.IKom, MKM
DURASI
2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI (Tidak Termasuk Penginapan)
Normal Class
- Rp 4.750.000,00/peserta ( untuk lokasi pelaksanaan di: Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
- Rp 5.250.000,00/peserta (untuk lokasi pelaksanaan di: Bali, Lombok, Medan, Makasar)
Online Class
- Rp.1.750.000/peserta ( Online Zoom Meeting )
- Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
Online Class
- Sertifikat & Soft Copy Modul
INFORMASI
CONTACT PERSON
0812 9578 8177, 0877 8868 8235
Email: [email protected]
Website: www.bmdsteet.co.id
JADWAL TRAINING SURVEY KEPUASAN PASIEN DAN KELUARGA DI RUMAH SAKIT TAHUN 2023:
- 02-03 November 2023 Bogor
- 16-17 November 2023 Surabaya
- 07-08 Desember 2023 Bandung
- 21-22 Desember 2023 Yogyakarta
JADWAL TRAINING SURVEY KEPUASAN PASIEN DAN KELUARGA DI RUMAH SAKIT TAHUN 2024:
- 11-12 Januari 2024 Bali
- 25-26 Januari 2024 Bogor
- 15-16 Februari 2024 Surabaya
- 28-29 Februari 2024 Bogor
- 14-15 Maret 2024 Bandung
- 27-28 Maret 2024 Yogyakarta
- 08-09 April 2024 Jakarta
- 25-26 April 2024 Semarang
- 07-08 Mei 2024 Surabaya
- 21-22 Mei 2024 Yogyakarta
- 13-14 Juni 2024 Bogor
- 27-28 Juni 2024 Surabaya
- 11-12 Juli 2024 Bandung
- 25-26 Juli 2024 Yogyakarta
- 08-09 Agustus 2024 Jakarta
- 22-23 Agustus 2024 Malang
- 12-13 September 2024 Bogor
- 26-27 September 2024 Surabaya
- 10-11 Oktober 2024 Bandung
- 24-25 Oktober 2024 Yogyakarta
- 14-15 November 2024 Jakarta
- 28-29 November 2024 Bali
- 12-13 Desember 2024 Bogor
- 26-27 Desember 2024 Surabaya
REQUEST JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA DAN DAPATKAN HARGA KHUSUS UNTUK REQUEST SECARA PAKET
REFERENSI :
- Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta
- Rumah Sakit Kusta Sitanala Tangerang
- RSUD Sayang Cianjur
- RS Tenriawaru Makassar
TESTIMONI:
“Alhamdulillah sesudah mengikuti pelatihan ada gambaran melaksanakan survei kepuasan pasien/pelanggan sesuai kaidah.”Ika Sartika Dewi, Pengelola Datin dan LITBANG-RSUD Sayang Cianjur