Training Effective SOP Lifecycle

PENGANTAR

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Training Effective SOP Lifecycle – Standar Operasional Prosedur atau SOP, adalah satu set instruksi langkah-demi-langkah yang disusun oleh sebuah organisasi untuk membantu para pekerja melaksanakan operasi rutin. SOP bertujuan untuk mencapai efisiensi, kualitas output dan keseragaman kinerja, sekaligus mengurangi miskomunikasi dan kegagalan untuk mematuhi peraturan industri.

Seringkali SOP menjadi kontra produktif di tempat bekerja. Di setiap instansi sebenarnya sudah memiliki SOP tetapi seringkali tidak digunakan, banyak yang ragu-ragu apakah terupdate, dan diletakkan di lemari yang dikunci atau banyak yang hanya ditempel di dinding tanpa mengetahui apa itu maksud dari SOP tersebut.

SOP beda dengan Prosedur. Prosedur dibuat oleh pihak independent berdasarkan asas top-down, sedangkan SOP dibuat melalui kesepakatan antara penulis, pihak manajemen dan pengguna (3 pihak). Akan tetapi seringkali SOP dibuat dengan tanpa melibatkan pengguna sehingga tidak berfungsi dengan semestinya.

Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari: nilai tambah, kesamaan persepsi antar bagian/departemen serta dilihat dari fungsinya sebagai pengendali dan pemantau proses kinerja. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan membuat SOP baru yang sesuai dengan prinsip win-win solution.

MAKSUD & TUJUAN

  • diharapkan peserta mampu mengendalikan SOP Lifecycle
  • merevisi dan memantau dalam sebuah siklus SOP Lifecycle
  • Sehingga diharapkan perusahaan/ organisasi dapat menjalankan proses bisnisnya lebih efektif dan efisien.

 BAHAN AJAR

  1. Filosofi dan difinisi proses bisnis
  • Prosedur dan instruksi kerja SOP
  • Fundamental business systems ISO 9000
  1. SOP Lifecycle
  • SOP yang tidak dinamis
  • SOP yang dinamis
  • Siklus SOP Lifecycle
  1. Business process mapping (BPM).
    4. SOP Tehnis v.s SOP Administratif.
    5. Format SOP:
  • Simple steps
  • Hierarchy
  • Flowchart
  • Graphical
  • Video
  1. Teknik penulisan efektif:
  • Format SOP
  • Elemen SOP
  1. Menentukan dan memilih  tingkat perincian SOP (Who Does What) Beyond Write What You Do
  2. Perancangan SOP yang up-to-date dan pembuatan rencana tindak-lanjut dengan merancang SOP yang dinamis.
  3. Merancang SOP untuk Marketing, Perencanaan dan Produksi, Logistik, Pembelian dan Keuangan dll

SIAPA PESERTA YANG HARUS HADIR..??

  • Karyawan
  • Seluruh level dan semua divisi dalam Perusahaan/Organisasi
  • Praktisi
  • Profesional

METODE PELAKSANAAN

  • Interaktif
  • Presentasi
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Membahas Study Kasus
  • Teknik Implementasi

TRAINER AHLI 

Our Consultan Klik di Sini

DURASI

2 Hari (Efektif 14 Jam)

INVESTASI

Normal Class

  • Rp 4.350.000 (Jakarta/Bandung/Bogor/Yogyakarta/Surabaya/Malang)
  • Rp 5.350.000 (Bali/Lombok/Balikpapan/Medan/Makasar)

Online Class

  • Rp. 1.750.000/peserta (Online Zoom Meeting)

FASILITAS

Normal Class

  • Sertifikat, Modul soft file & copy, Lunch, 2 x Coffee Break, Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint, Flashdisk, Tas Gemblock), foto bersama, diselenggarakan dihotel berbintang.

Online Class

  • Sertifikat dan Soft Copy Modul

 

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

Phone: 021-7563091, Fax: 021-7563291, Mobile: 0813 8280 7230, 0877 8868 8235

Email: [email protected]

Website: www.bmdstreet.co.id

JADWAL TRAINING EFFECTIVE SOP LIFECYCLE TAHUN 2023:

  • 06-07 November 2023 Bogor

JADWAL TRAINING EFFECTIVE SOP LIFECYCLE TAHUN 2024:

  • 11-12 Januari 2024 Malang
  • 06-07 Februari 2024 Bogor
  • 14-15 Maret 2024 Surabaya
  • 08-09 April 2024 Medan
  • 07-08 Mei 2024 Yogyakarta
  • 13-14 Juni 2024 Jakarta
  • 11-12 Juli 2024 Bali
  • 08-09 Agustus 2024 Bogor
  • 12-13 September 2024 Surabaya
  • 10-11 Oktober 2024 Bandung
  • 14-15 November 2024 Yogyakarta
  • 12-13 Desember 2024 Jakarta
Butuh bantuan! Klik disini

Kami siap membantu, silahkan berkomunikasi langsung dengan Tim Kami yang sedang online saat ini. Jika jaringan sedang sibuk, mungkin karena sedang melayani pelanggan lain. Untuk respon cepat silahkan kirim email ke: [email protected] untuk pelayanan via Help Desk

Customer Support

Mei Dwi - Head Office

Online

Customer Support

Umu Hanifatul - Head Office

Online

Customer Support

Eva Arlinda - Head Office

Online

Customer Support

Andini Eryani - Head Office

Online

Mei Dwi - Head OfficeCustomer Support

Hi, Ada yang Bisa saya bantu pak/bu? 00.00

Umu Hanifatul - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Eva Arlinda - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Andini Eryani - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00