Training Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS)

PENGANTAR

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Training Promosi Kesehatan Rumah Sakit Promosi Kesehatan Rumah Sakit adalah upaya memberdayakan individu, kelompok dan masyarakat untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan, melalui peningkatan pengetahuan, kemauan dan kemampuan, serta mengembangkan suasana yang mendukung, yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat, sesuai dengan sosial budaya dan kondisi setempat (Depkes RI, 1999).

Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS) atau yang sekarang disebut dengan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) adalah penyuluhan kesehatan yang khusus dikembangkan untuk membantu pasien dan keluarganya untuk bisa menangani kesehatannya, hal ini merupakan tanggung jawab bersama yang berkesinambungan antara dokter dan pasien atau petugas kesehatan dengan pasien dan keluarganya. Selain itu efektivitas suatu pengobatan dipengaruhi juga oleh pola pelayanan masyarakat yang ada, sikap dan keterampilan para pelaksananya serta lingkungan, sikap dan pola hidup pasien serta keluarganya.

PKRS dimulai sejak pasien masuk Rumah Sakit atau sejak ia berinteraksi dengan tenaga kesehatan, pengalaman pertama pasien tersebut sangat mempengaruhi kesuksesan Program Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit. Penyuluhan kesehatan di Rumah Sakit berusaha menggugah kesadaran dan minat pasien serta keluarganya untuk berperan serta secara positif dalam usaha penyembuhan dan pencegahan penyakit. Karena itu penyuluhan kesehatan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari program pelayanan Rumah Sakit.

PKRS di beberapa Rumah Sakit memang sudah dilaksanakan sejak lama, namun dalam pelaksanaannya tidak sistematik dan tidak terorganisir secara terarah melainkan hanya berdasarkan minat dan kesempatan yang dimiliki oleh beberapa petugas tertentu saja. Berbagai reaksi baik pro maupun kontra muncul terhadap penyuluhan kesehatan Rumah Sakit antara lain kegiatan pelayanan demikian padat sehingga tidak ada waktu, tidak ada biaya. Namun pendapat positif menyatakan bahwa upaya PKRS dapat berkembang di Rumah Sakit asal ada pengertian dan kemauan pengelola dan penyelenggaranya.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan dari pelatihan Promosi Kesehatan Rumah Sakit ini adalah membatu rumah sakit dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku pasien/klien RS serta pemeliharaan lingkungan RS dan termanfaatkannya dengan baik semua pelayanan yang disediakan RS.

MATERI PELATIHAN

  • Standar promosi kesehatan rumah sakit
  • Strategi penyuluhan kesehatan
  • Pendekatan pimpinan/direktur rumah sakit
  • Kajian kebutuhan masyarakat rumah sakit
  • Pemberdayaan masyarakat rumah sakit
  • Kebijakan RS dalam Pelaksanaan Promosi Kesehatan di RS
  • Metode dan Teknik Penyuluhan dalam PKRS
  • Pastoral Care
  • Penyakit tidak menular (PTM)
  • Pengelolaan PKRS
  • Kemitraan dalam PKRS
  • Perencanaan Media

TEAM INSTRUKTUR

Profil TIM Pengajar Klik Disini

DURASI

2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

INVESTASI (Tidak termasuk penginapan)
Normal Class
  • Rp 4.350.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
  • Rp 5.350.000,00/peserta (Bali, Lombok, Balikpapan)

Online Class

  • Rp.1.750.000/peserta ( Online Zoom Meeting )

(Dapatkan Promo Cash Back/Discount Klik disini..!)

FASILITAS
Normal Class
  • Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
Online Class
  • Sertifikat & Soft Copy Modul

INFORMASI PENDAFTARAN

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0812 9578 8177, 0813 8280 7230

Email: [email protected]
Website: www.bmdsteet.co.id

JADWAL TRAINING PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT TAHUN 2023:

  • 06-07 November 2023 Yogyakarta
  • 20-21 November 2023 Bandung
  • 11-12 Desember 2023 Surabaya
  • 25-26 Desember 2023 Bogor

JADWAL TRAINING PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT TAHUN 2024:

  • 04-05 Januari 2024 Bali
  • 18-19 Januari 2024 Bogor
  • 01-02 Februari 2024 Surabaya
  • 15-16 Februari 2024 Bandung
  • 07-08 Maret 2024 Yogyakarta
  • 21-22 Maret 2024 Jakarta
  • 04-05 April 2024 Semarang
  • 18-19 April 2024 Bogor
  • 02-03 Mei 2024 Surabaya
  • 16-17 Mei 2024 Bogor
  • 06-07 Juni 2024 Bandung
  • 20-21 Juni 2024 Yogyakarta
  • 04-05 Juli 2024 Jakarta
  • 18-19 Juli 2024 Malang
  • 01-02 Agustus 2024 Bogor
  • 15-16 Agustus 2024 Surabaya
  • 05-06 September 2024 Bandung
  • 19-20 September 2024 Yogyakarta
  • 03-04 Oktober 2024 Jakarta
  • 17-18 Oktober 2024 Bali
  • 07-08 November 2024 Bogor
  • 21-22 November 2024 Surabaya
  • 05-06 Desember 2024 Bandung
  • 19-20 Desember 2024 Yogyakarta

REQUEST JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA DAN DAPATKAN HARGA KHUSUS UNTUK REQUEST SECARA PAKET

 

REFERENSIZ

  • RSUD Dr. M.M Dunda Limboto
  • RSUD Dr. Agoesdjam Ketapang
  • RSIA Zainab Pekanbaru
  • RSD Kol. Abundjani Bangko Jambi
  • RS Prof. Dr. Tabrani
  • RSUD Abepura Papua
  • RS Mata Masyarakat Jawa Timur
  • RSUD Lubuk Sikaping
  • RSUP Persahabatan
  • RSUD Dompu
  • RSU PKU Muhamamdiyah Tegal
  • RSU Natama
  • RS TNI AD TK IV Guntur Garut
  • RS Dr, Sobirin Daerah  Kab. Musi Rawas
  • RSUD SK Lerik Kota Kupang
  • RS Pluit
  • RSUD Merauke
  • RSUD cut nyak Dhien Meulaboh

TESTIMONIAL

  • “Materi yang disampaikan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan atau kompetensi yang kami harapkan” Iwan Isnaini, RSUD Dr. Agoesdjam Ketapang
  • “Setelah saya mengikuti training PKRS yang diselenggarakan oleh BMD Street Consulting ini sangat menambah pengetahuan saya bagaimana pentingnya Promosi Kesehatan Rumah Sakit untuk Kemajuan Rumah Sakit.”Kirsya Cristina, Kepala PKRS – RSUD Dr. Agoesdjam Ketapang
  • “Sangat menambah wawasan saya tentang Promosi Kesehatan Rumah Sakit. H. Rachmat Pakaya, Staff Promkes RSUD Dr. Agoesdjam Ketapang
  • “Acara trainingnya bagus dengan jumlah peserta yang tidak banyak, sehingga pendekatan dan pemahaman yang diterima jadi mudah untuk dimengerti dan diskusinya lebih menyenangkan, selain itu komunikasi antara instruktur dengan peserta jadi lebih dekat” Fitriani Herman, Ketua PKRS – RSIA Zainab Pekanbaru.
  • setelah saya mengikuti training PKRS ini saya mendapatkan masukan dan wawasan yang dapat dikembangkan di RS kami. selain itu kami juga mudah untuk memahami materi yang disampaikan karena disertai dengan simulasi dan pemutaran video tentang PKRS” Irmawaty Br. Sembiring, RSD Kol. Abundjani Bangko Jambi.
  • “Materi yang diberikan bermutu dan cara penyampaian oleh trainer sangat baik” Tini Lestari, Koordinator PKRS – RS Prof. Dr. Tabrani.
  • “Kami panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME untuk waktu yang ada dan kami berterimakasih untuk kesempatan yang diberikan kepada kami oleh panitia yang luar biasa. untuk acara Training Promosi Kesehatan Rumah Sakit. walaupun cuma 2 hari saja. ternyata ada begitu banyak yang harus kami evaluasi dan benahi dari manajemen kami. kami beri apresiasi untuk Trainer/Instruktur kami Bapak Freddy O.P, SKM, MARS. yang begitu kreatif dan luar biasa dalam membawakan serta menyampaikan materi selama 2 hari ini. kami akan terapkan apa yang kami dapatkan untuk instansi kami dan akan menshare 3 bulan kedepan. kami minta dukungan dan doanya. semoga tuhan memberkati”Sera Manobi, Staff Ruang Kebidanan – RSUD Abepura Papua.
  • “Terimakasih atas kesempatan yang diberikan, dengan mengikuti training ini paling tidak saya menjadi tahu dan mengerti bagaimana posisi dan kedudukan tim PKRS di Rumah Sakit. selain itu saya jadi lebih mengerti untuk penyusunan program PKRS dan pemateri sangat menarik dan terbuka dalam memberikan contoh-contoh mengenai program PKRS”Silfa Pernika Reskhy, Humas-RS Mata Masyarakat Jawa Timur.
  • “Setelah melalui pelatihan PKRS yang diselenggarakan oleh BMD ini kami banyak mendapatkan informasi, keterampilan dan pengalaman baru” Theresia Karet – RSUD Abepura Papua.
  • Training PKRS ini dapat menambah wawssan dan pengetahuan kami dalam hal promosi kesehatan Rumah Sakit, metode training dan suasana  training sangat menyenangkan.”Syafyuni Astuti, Amd. Kep. Staff Fungsional-RSUD Dompu
  • “Kami peserta pelatihan/training PKRS mengucapkan banyak terima kasih atas bimbingan ilmu dan wawasan untuk meningkatkan pelayanan di RS kami.” Hadijah , SKM, MAP-Penyuluh Ahli Kesehatan Masyarakat-RS Dr, Sobirin Daerah  Kab. Musi Rawas.
  • “Training sesuai dengan kebutuhan, materi yang disajikan jelas dan bermanfaat untuk institusi, cara penyajian yang tidak kaku dan menarik sehingga peserta tidak merasa bosen dalam mengikuti pelatihan”  Qwertdestin Petronella Muda, Penyuluh Kesehatan Masyarakat -RSUD SK Lerik Kota Kupang.
  • “Saat training materi dan penyajianya lengkap, trainer sangat menguasai materi serta lokasi training, pelayanan panitia, waktu training mantap.”dr. Paul Kalalo, M. Biomerd, Ketua Tim-RSUD Merauke.
  • “Banyak ilmu baru yang didapatkan, ada gambaran apa yanga mau di lakukan di tempat krja berkaitan denga PKRS.”Komariyah, S.Si-Nutrition Pertama-RSUD Merauke
  • “Untuk materi yang diberikan dapat memberikan gambaran apa yang baik untuk perubahan di RS , service juga baik dan sangat membantu , moderator dan pemateri sangat Profesional – ” Inge Herdiyanti dari RSUD cut nyak Dhien Meulaboh
  • ” alhamdulillah banyak pengetahuan terbaru bagaimana mengelola PKRS di rumah sakit” dr.Eri Mizwar – RSUD cut nyak Dhien Meulaboh
Butuh bantuan! Klik disini

Kami siap membantu, silahkan berkomunikasi langsung dengan Tim Kami yang sedang online saat ini. Jika jaringan sedang sibuk, mungkin karena sedang melayani pelanggan lain. Untuk respon cepat silahkan kirim email ke: [email protected] untuk pelayanan via Help Desk

Customer Support

Mei Dwi - Head Office

Online

Customer Support

Umu Hanifatul - Head Office

Online

Customer Support

Eva Arlinda - Head Office

Online

Customer Support

Andini Eryani - Head Office

Online

Mei Dwi - Head OfficeCustomer Support

Hi, Ada yang Bisa saya bantu pak/bu? 00.00

Umu Hanifatul - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Eva Arlinda - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Andini Eryani - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00