Training Pengadaan Barang Dan Jasa Industri Migas

PENGANTAR

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Setiap perusahaan yang bergerak pada bidang minyak dan gas bumi, memiliki suatu Pedoman Tata Kerja untuk mengelola rantai supply dan kontraktor kerja sama, yang diterbitkan oleh Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) dengan nomor keputusan 007 REVISI-1/PTK/IX/2009 yang kemudian disebut sebagai Tata Kerja 007. Pedoman tersebut diharapkan dapat memberi pola pikir, pemahaman terhadap pedoman dalam pelaksanaan teknis serta administratif yang terintegrasi dan jelas bagi seluruh pengusaha bidang minyak dan gas bumi, dan dalam pengelolaan supply chain.

Lalu ada pula Pedoman Tata Kerja-007 Revisi II/2011 yang merupakan pedoman supply chain pada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) bidang minyak dan gas bumi di Indonesia. Pedoman Supply Chain Manual KKKS terdiri dari Ketentuan Umum Supply Chain, Pedoman Asset Management, Pedoman Pengelolaan Kepabeanan, Pedoman Project Management, dan Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa.

Revisi yang paling mendasar dari Pedoman Tata Kerja-007 Revisi I/2009 ini terletak pada adanya Pendayagunaan Produksi dan Kompetensi Dalam Negeri yang diwujudkan sebagai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) barang dimana paramater ini mengutamakan barang produksi dalam negeri. Samudera Ilmu Institut sebagai bagian dari BMD Group Corp dalam kesempatan ini bermaksud menyelenggarakan Training Pengadaan Barang Dan Jasa Industri Migas yang akan membantu para peserta untuk  memahami sebab, teknik pengelolaan dan solusi yang tepat dalam pengadaan barang dan jasa industri migas dilingkungan kerja.

MAKSUD & TUJUAN

Maksud dan tujuan dari program  Training Pengadaan Barang Dan Jasa Industri Migas diantaranya yaitu:

  1. Memahami bagaimana cara untuk ikut berperan dalam tender di lingkungan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS)
  2. Menerapkan strategi yang tepat untuk dapat memahami dokumen pengadaan
  3. Mengetahui Hak dan kewajiban penyedia barang dan jasa sebelum mengikuti suatu proses pelelangan
  4. Memahami bagaimana keberpihakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama kepada pengusaha / produsen dalam negeri
  5. Melakukan pengajuan sanggahan yang efektif dan efisien

BAHAN AJAR

1. Pengertian Istilah

2. Kebijakan Umum

3. Ruang Lingkup Kegiatan

4. Kewenangan Dan Pengawasan

  • Kontraktor KKS Dalam Tahap Eksplorasi
  • Kontraktor KKS Dalam Tahap Produksi
  • Pengawasan

5. Pengutamaan Penggunaan Barang/ Jasa Produksi Dalam Negeri

  • Umum
  • Komponen Dalam Negeri Barang/ Jasa
  • Tingkat Komponen Dalam Negeri
  • Daftar Barang/Jasa Produksi Dalam Negeri
  • Program Peningkatan Penggunaan Barang/ Jasa
  • Produksi Dalam Negeri
  • Pengutamaan Barang Produksi Dalam Negeri
  • Pemanfaatan Jasa Dalam Negeri
  • Pernyataan Tingkat Komponen Dalam Negeri
  • Preferensi Harga
  • Pengawasan Pelaksanaan Pengadaan
  • Barang/ Jasa Produksi Dalam Negeri

6. Strategi Pengadaan

  • Rencana Pengadaan
  • Penyusunan Paket Pekerjaan
  • Sumber Pengadaan
  • Jenis Dan Masa Berlaku Kontrak

7. Perencanaan

  • Rencana Kerja Pengadaan
  • Penyampaian Rencana Pengadaan

8. Pelaku Pengadaan Barang/ Jasa

  • Pejabat Berwenang
  • Pengguna Barang/ Jasa
  • Pengelola Pengadaan
  • Panitia Pengadaan/ Tim Internal
  • Penyedia Barang/ Jasa

9. Harga Perhitungan Sendiri/ Owner Estimate

  • Ketentuan Umum
  • Tata Cara Dan Dasar Penyusunan

10. Dokumen Pemilihan Penyedia Barang/ Jasa

  • Struktur Dokumen Pemilihan Penyedia
  • Barang/Jasa
  • Dokumen Penilaian Kualifikasi
  • Dokumen Pengadaan
  • Biaya Penggantian Dokumen Pengadaan

11. Jaminan

  • Jaminan Penawaran
  • Jaminan Pelaksanaan
  • Jaminan Uang Muka
  • Jaminan Pemeliharaan

12. Metoda Dan Tata Cara Pemilihan Penyedia Barang/ Jasa Pemborongan/ Jasa Lainnya

  • Pelelangan Umum
  • Pelelangan Terbatas
  • Pemilihan Langsung
  • Penunjukan Langsung
  • Procard
  • Pengadaan Secara Elektronik (E-Procurement)
  • Swakelola

13. Tata Cara Pelelangan Umum

  • Pengumuman
  • Pendaftaran Penyedia Barang/Jas

SIAPA PESERTA YANG HARUS HADIR..??

Dalam program Training Pengadaan Barang Dan Jasa Industri Migas peserta yang direkomendasikan ikut yaitu merek yang berlatar belakang seperti: Staff, Supervisor, Manager hingga level di atasnya dari divisi pemasaran dan lainnya. Praktisi, Profesional yang ingin menambah pengetahuan mengenai Pengadaan Barang Dan Jasa Industri Migas.

METODE PELAKSANAAN

Dalam Training Pengadaan Barang Dan Jasa Industri Migas ini menggunakan metode interkatif, dilaksanakan dalam bentuk presentasi ceramah dan diskusi interaktif membahas study kasus seputar teknik dan implementasi pengadaan barang dan jasa industri migas yang tepat dan efektif.

TIM INSTRUKTUR

SII Team

DURASI

2 hari (efektif 14 jam)

INVESTASI

  • Normal Class
    • Rp 4.350.000 (Jakarta/Bandung/Bogor/Yogyakarta/Surabaya/Malang)
    • Rp 5.350.000 (Bali/Lombok/Balikpapan/Medan/Makasar)

    Online Class

    • Rp. 1.750.000/peserta (Online Zoom Meeting)

    FASILITAS

    Normal Class

    • Sertifikat, Modul soft file & copy, Lunch, 2 x Coffee Break, Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint, Flashdisk, Tas Gemblock), foto bersama, diselenggarakan dihotel berbintang.

    Online Class

    • Sertifikat dan Soft Copy Modul

    PROMO: Dapatkan diskon atau cash back menarik untuk pendaftaran minimal 2 peserta dari satu institusi dengan pendaftaran dan pelunasan biaya 2 minggu sebelum pelaksanaan.

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

Tlp: 021-7563091, Mobile: 0813 8280 7230

Email: [email protected]
Website: www.bmdsteet.co.id

JADWAL TRAINING PENGADAAN BARANG DAN JASA INDUSTRI MIGAS TAHUN 2023:

  • 01-02 November 2023 Bogor
  • 04-05 Desember 2023 Malang

JADWAL TRAINING PENGADAAN BARANG DAN JASA INDUSTRI MIGAS TAHUN 2024:

  • 08-09 Januari 2024 Jakarta
  • 05-06 Februari 2024 Yogyakarta
  • 12-13 Maret 2024 Bandung
  • 08-09 April 2024 Surabaya
  • 06-07 Mei 2024 Bogor
  • 10-11 Juni 2024 Bali
  • 08-09 Juli 2024 Jakarta
  • 05-06 Agustus 2024 Yogyakarta
  • 09-10 September 2024 Bandung
  • 07-08 Oktober 2024 Surabaya
  • 11-12 November 2024 Bogor
  • 09-10 Desember 2024 Malang

 

 

Butuh bantuan! Klik disini

Kami siap membantu, silahkan berkomunikasi langsung dengan Tim Kami yang sedang online saat ini. Jika jaringan sedang sibuk, mungkin karena sedang melayani pelanggan lain. Untuk respon cepat silahkan kirim email ke: [email protected] untuk pelayanan via Help Desk

Customer Support

Mei Dwi - Head Office

Online

Customer Support

Umu Hanifatul - Head Office

Online

Customer Support

Eva Arlinda - Head Office

Online

Customer Support

Andini Eryani - Head Office

Online

Mei Dwi - Head OfficeCustomer Support

Hi, Ada yang Bisa saya bantu pak/bu? 00.00

Umu Hanifatul - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Eva Arlinda - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Andini Eryani - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00