Training Etika Pelayanan di Rumah Sakit

PENGANTAR

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pelayanan kesehatan berdampak luas terhadap pelayanan baik yang bersifat positif maupun negatif. Dampak yang bersifat positif akan menguntungkan masyarakat pemakainya, tetapi dampak yang bersifat negatif akan merugikan masyarakat pemakainya. Disamping itu juga akan mengakibatkan pergeseran nilai dan perilaku pemberi pelayanan serta konflik di antara sesamanya yang pada gilirannya akan berpengaruh juga terhadap mutu pelayanan itu sendiri. Secara luas nama baik institusi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit akan menjadi jelek di tengah-tengah masyarakat.
Perkembangan iptek sebagaimana diuraikan di atas, juga mengakibatkan pergeseran selera masyarakat dari pengambilan keputusan di tangan pemberi pelayanan dari penentu pelayanan. Akhir-akhir ini sudah mulai berkembang tuntutan itu, dimana setiap masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai dengan keinginan mereka selalu dikait-kaitkan dengan pelanggaran-pelanggaran hak azasi manusia.

Dengan adanya fenomena tersebut di atas, maka untuk mengantisipasinya diperlukan adanya etika pelayanan rumah sakit atau kita sebut saja “etika rumah sakit”, sehingga terjadi hubungan yang kondusif baik hubungan antara profesi dengan profesi yang lain, hubungan antara profesi dengan pasien dan keluarganya maupun hubungan rumah sakit dengan masyarakat secara keseluruhan. Di dalam etika rumah sakit ini akan mengatur hubungan tersebut dan upaya penyelesaian masalahnya, apabila terjadi konflik di dalamnya.

TUJUAN DAN MANFAAT

  • Memberi nasehat atau konsultasi melalui diskusi dan berperan menilai penyelesaian masalah dan kebijakan
  • Melaksanakan social marketing pada lingkungannya
  • Berkomunikasi khusus dan memberikan petunjuk atau arahan pada review kasus sulit.
  • Meningkatkan tata tertib pelayanan rumah sakit
  • Meningkatkan hubungan dokter – perawat – tenaga tim kesehatan lainnya dan pasien/keluarganya serta masyarakat pada umumnya;
  • Membantu para dokter, perawat, bidan dan anggota tim kesehatan lainnya di Rumah Sakit dalam menghadapi berbagai masalah etika.
  • Sebagai sumber informasi yang relevan dengan penyelesaian masalah etika rumah sakit
  • Dapat mengidentifikasi potensi konflik di dalam rumah sakit
  • Memberikan nasehat kepada Direksi rumah sakit untuk meneruskan atau tidak meneruskan penyelewengan masalah etika melalui pengadilan
  • Memberi pertimbangan terhadap karyawan yang melakukan pelanggaran etika rumah sakit.

MATERI PELATIHAN

  • Pelaksanaan Etika di Rumah Sakit
  • Masalah etika yang berhubungan dengan penerimaan pasien
  • Masalah etika yang berhubungan dengan rekam medis atau data pasien
  • Masalah etika yang berhubungan dengan perawatan pasien
  • Masalah etika yang berhubungan dengan pelayanan laboratorium klinik
  • Masalah etika yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan pasien dewasa
  • Masalah etika yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan pasien anak
  • Masalah etika yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan bidang reproduksi manusia
  • Masalah etika yang berhubungan dengan pelayanan anestesi
  • Masalah etika yang berhubungan dengan perawatan intensif
  • Masalah etika yang berhubungan dengan eutanasia
  • Masalah etika yang berhubungan dengan pemeriksaan radiologi
  • Masalah etika yang berhubungan dengan pelayanan fisioterapi
  • Masalah etika yang berhubungan dengan pelayanan pasien gawat dan kedaruratan
  • Masalah etika yang berhubungan dengan pelayanan angkutan mobil ambulance.

PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN

Perawat, Dokter, Bidan, Staff Penerima Pendaftaran Pasien, Tenaga Medis dan lain-lain.

METODE PELAKSANAAN

Training ini menggunakan metode interaktif, yaitu pemahaman dari sisi konsep, contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang diajarkan

TRAINER/INSTRUKTUR

Profil TIM Pengajar Klik Disini

DURASI

2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

INVESTASI (Tidak Termasuk Penginapan)

Normal Class
  • Rp 4.350.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
  • Rp 5.350.000,00/peserta (Bali, Lombok, Balikpapan)

Online Class

  • Rp.1.750.000/peserta ( Online Zoom Meeting )
(Dapatkan Promo Cash Back/Discount Klik disini..!)
FASILITAS
Normal Class
  • Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
Online Class
  • Sertifikat & Soft Copy Modul

INFORMASI

Hub      : 021 – 756 3091

Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0812 9578 8177, 0813 8280 7230

Email: [email protected]
Website: www.bmdsteet.co.id

JADWAL TRAINING ETIKA PELYANAN DI RUMAH SAKIT TAHUN 2023:

  • 06-07 November 2023 Bogor
  • 11-12 Desember 2023 Malang

JADWAL TRAINING ETIKA PELYANAN DI RUMAH SAKIT TAHUN 2024:

  • 04-05 Januari 2024 Malang
  • 01-02 Februari 2024 Bali
  • 07-08 Maret 2024 Surabaya
  • 04-05 April 2024 Bandung
  • 02-03 Mei 2024 Bogor
  • 06-07 Juni 2024 Jakarta
  • 04-05 Juli 2024 Bali
  • 01-02 Agustus 2024 Bogor
  • 05-06 September 2024 Surabaya
  • 03-04 Oktober 2024 Bandung
  • 07-08 November 2024 Yogyakarta
  • 05-06 Desember 2024 Jakarta

REQUEST JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA DAN DAPATKAN HARGA KHUSUS UNTUK REQUEST SECARA PAKET

Butuh bantuan! Klik disini

Kami siap membantu, silahkan berkomunikasi langsung dengan Tim Kami yang sedang online saat ini. Jika jaringan sedang sibuk, mungkin karena sedang melayani pelanggan lain. Untuk respon cepat silahkan kirim email ke: [email protected] untuk pelayanan via Help Desk

Customer Support

Mei Dwi - Head Office

Online

Customer Support

Umu Hanifatul - Head Office

Online

Customer Support

Eva Arlinda - Head Office

Online

Customer Support

Andini Eryani - Head Office

Online

Mei Dwi - Head OfficeCustomer Support

Hi, Ada yang Bisa saya bantu pak/bu? 00.00

Umu Hanifatul - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Eva Arlinda - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Andini Eryani - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00