Training PROPER – Program Penilaian Peringkat Kinerja Lingkungan Perusahaan

LATAR BELAKANG

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Training PROPER– Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan mulai diterapkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup di tahun 2002, merupakan salah satu realisasi yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup bahwa dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup perlu diselenggarakan pengelolaan lingkungan dengan asas tanggungjawab, berkelanjutan dan manfaat. Salah satu tujuan penilaian PROPER adalah untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan melalui penyebaran informasi kinerja penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan sehingga tercapainya peningkatan kualitas lingkungan hidup yang sehat dan sejahtera.

Training PROPER– Salah satu peningkatan kinerja penaatan dapat terjadi melalui efek insentif dan disinsentif reputasi yang timbul akibat pengumuman peringkat kinerja PROPER kepada publik. Salah satunya yaitu berasal dari para pemangku kepentingan (stakeholders) yang akan memberikan apresiasi kepada perusahaan berperingkat baik dan memberikan tekanan dan atau dorongan kepada perusahaan yang belum berperingkat baik untuk merealisasikanya. Adapun penilaian PROPER tersebut adalah berdasarkan kinerja tanggung jawab usaha dan/atau kegiatan dalam: Pencegahan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup, Penanggulangan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup, Pemulihan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.

Menjawab tantangan itu semua, demi mendapatkan penilaian PROPER sebaik mungkin maka penting bagi perusahaan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan pemahaman kepada sumber daya manusia terkait dengan program PROPER tersebut, melalui kesempatan yang baik ini BMD Street Consulting sebagai salah satu perusahaan Konsultan Lingkungan terkemuka bermaksud menyelenggarakan Training PROPER untuk memberikan bimbingan terhadap program perencanaan dan peningkatan PROPER yang sangat direkomendasikan diikuti berbagai perusahaan yang ingin memulai dan mentargetkan Penilaian Peringkat Kinerja Lingkungan di Perusahaannya.

DASAR HUKUM

Adapun dasar hukum realisasi PROPER adalah berdasarkan ketentuan Pasal 10 Huruf e UU 23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPLH) jo. UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam UUPPLH ketentuan tersebut menyatakan, bahawa dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup pemerintah berkewajiban mengembangkan dan menerapkan perangkat yang bersifat preemtif, preventif, dan proaktif dalam upaya pencegahan penurunan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

MAKSUD DAN TUJUAN TRAINING PROPER 

Dalam Training PROPER ini dimaksudkan adalah untuk memberikan bekal kemampuan dan pengetahuan kepada peserta untuk memenuhi kompetensi dalam melakukan perencanaan dan penilaian PROPER yang sudah ada diperusahaan, sehingga dengan kemampuan tersebut peserta yang terlibat mampu melakukan tindakan perbaikan dan pengembangan pengelolaan lingkungan demi tercapainya penilaian PROPER sebaik mungkin. Dan tujuan lainnya yaitu diharapkan peserta mampu:

  • Mengidentifikasi dan melakukan evaluasi terkait dengan penilaian arti PROPER dan mampu melakukan penilaian sendiri terhadap peringkat PROPER perusahaannya
  • Melakukan mengembangan rencana pemenuhan dan penerapan persyaratan PROPER diperusahaan serta langkah-langkah realisasinya yang akan ditempuh
  • Mengembangan program perbaikan kinerja pengelolaan PROPER perusahaan untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi dan mempertahankanya dari tahun ketahun
MATERI PEMBAHASAN
  • Pengantar undang-undang dan peraturan pengelolahan lingkungan hidup
  • Realisasi kebijakan PROPER, latar belakang, manfaat, tahapan proses PROPER, pengelompokan peserta PROPER dan gambaran dasar serta contoh umum peringkat PROPER
  • Persyaratan Penilaian PROPER, persyaratan untuk mendapatkan kriteria emas, hijau, biru, merah, dan hitam
  • Persyaratan penilaian dan strategi pemenuhan kualitas air, dokumen lingkungan,  air limbah, baku mutu limbah dan pemenuhannya
  • Persyaratan penilaian dan strategi pemenuhan kualitas udara, emisi udara, strategi pemenuhan kualitas udara, pemenuhan baku mutu udara
  • Persyaratan penilaian dan strategi pemenuhan pengelolaan Limbah B3, Kriteria penilaian Limbah B3, mengelola Limbah B3 diinternal dan eksternal perusahaan
  • Persyaratan Beyond Compliance, sstem manajemen lingkungan (SML), konservasi energi, Community Development, typical khusus peringkat ” emas”
  • Perencanaan pemenuhan persyaratan PROPER, penyusunan dokumen PROPER, langkah-langkah persiapan PROPER dan pre-assessment kinerja lingkungan
  • Peningkatan kinerja lingkungan perusahaan, langkah strategi ke arah yang lebih baik dalam meraih keunggulan kinerja lingkungan

METODE PELAKSANAAN

Dalam Training PROPER ini metode yang digunakan adalah studi interaktif, dimana pembahasan materi pelatihan dibahas dalam bentuk presentasi ceramah dan studi terpadu yang akan membahas konsep dan aplikasi pelaksaaan PROPER diperusahaan. Selain itu juga yang akan lebih membuat suasana kelas semakin hidup ialah adanya pembahasan studi kasus sesuai fakta nyata dilapangan yang kerap kali dialami oleh para unit usaha dan solusi yang tepat untuk menyelesaikanya.

SIAPA PESERTA TRAINING PROPER..???
Peserta yang harus mengikuti pelatihan ini adalah penanggung jawab lingkungan perusahaan, dept EHS, Dept CSR, perwakilan manajemen dan seluruh pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam pengambilan kebijakan lingkungan diperusahaan dan peningkatan program PROPER di perusahaan

PROFIL TIM PENGAJAR KLIK DISINI

INVESTASI 
Normal Class
  • Rp 7.250.000,00/peserta (jakarta/bogor/bandung/yogyakarta/surabaya)
  • Rp 7.750.000,00/peserta (bali/lombok/Medan/Makasar/Batam)

Online Class

  • Rp 2.500.000/peserta (0nline Zoom Meeting)

(Dapatkan Harga Khusus Untuk Request Pelatian Secara Paket, Silahkan Klik Disini)

DURASI
3 Hari (Efektif 21 Jam: 09.00-16.00)
FASILITAS 
Normal Class
  • Sertifikat, Modul (Soft dan Hard Copy), Training kit (Ballpoint Tas jinjing), Tas Ransel, Jacket, Lunch, 2x Coffe break, foto bersama dan pelatihan dilaksanakan di Hotel berbintang.

Online Class

  • Sertifikat dan Softcopy Modul
INFORMASI & PROMO
Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0813 8280 7230, 0812 8931 1641

JADWAL TRAINING PROPER TAHUN 2023:

  • 04-06 Januari 2023 Yogyakarta
  • 18-20 Januari 2023 Jakarta
  • 01-03 Februari 2023 Malang
  • 15-17 Februari 2023 Bogor
  • 01-03 Maret 2023 Surabaya
  • 15-17 Maret 2023 Bandung
  • 05-07 April 2023 Yogyakarta
  • 03-05 Mei 2023 Bali
  • 17-19 Mei 2023 Bogor
  • 07-09 Juni 2023 Surabaya
  • 21-23 Juni 2023 Bandung
  • 05-07 Juli 2023 Yogyakarta
  • 19-21 Juli 2023 Jakarta
  • 02-04 Agustus 2023 Malang
  • 16-18 Agustus 2022 Bali
  • 06-08 September 2023 Bogor
  • 20-22 September 2023 Surabaya
  • 04-06 Oktober 2023 Bandung
  • 18-20 Oktober 2023 Yogyakarta
  • 01-03 November 2023 Jakarta
  • 15-17 November 2023 Bali
  • 06-08 Desember 2023 Bogor
  • 20-22 Desember 2023 Surabaya

BELUM ADA JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA..!!

REFERENSI :

  1. PT Biofarma
  2. Rumah Zakat – Bandung

Training PROPER ( 1 )

TESTIMONIAL :

  • “Terima kasih, materinya bikin open minded wawasan. banyak poin materi bisa saya jadikan policy untuk divisi saya. dan materinya pun sangat menginspirasi untuk mengembangkan marketing perusahaan. Good Job BMD :)” . Ishaq Maulana RM Div. Head – Rumah Zakat
Butuh bantuan! Klik disini

Kami siap membantu, silahkan berkomunikasi langsung dengan Tim Kami yang sedang online saat ini. Jika jaringan sedang sibuk, mungkin karena sedang melayani pelanggan lain. Untuk respon cepat silahkan kirim email ke: [email protected] untuk pelayanan via Help Desk

Customer Support

Mei Dwi - Head Office

Online

Customer Support

Umu Hanifatul - Head Office

Online

Customer Support

Eva Arlinda - Head Office

Online

Customer Support

Andini Eryani - Head Office

Online

Mei Dwi - Head OfficeCustomer Support

Hi, Ada yang Bisa saya bantu pak/bu? 00.00

Umu Hanifatul - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Eva Arlinda - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Andini Eryani - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00