Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit

PENGANTAR

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!
Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit – Pada era dan situasi ekonomi yang sangat kompetitif saat ini, profesionalisme dan mutu pelayanan rumah sakit  merupakan tuntuan utama bagi para peserta dan perusahaan pengguna jasa jaminan kesehatan masyarakat. tuntutan manajemen jasa Jaminan Layanan Kesehatan yang bermutu semakin menjadi tuntutan peserta dan perusahaan. Seiring juga dengan meningkatnya permintaan klaim medis seakurasi mungkin dalam prosedur penagihan. Hal ini semata untuk menghindari adanya berbagai konflik yang bisa terjadi antara rumah sakit dengan perusahaan jaminan kesehatan. Oleh karena itu adanya program jasa jaminan pelayanan kesehatan yang didukung oleh sumber daya manusia yang memadai baik dari sisi kompetensi dan keahlian sangat dibutuhkan dalam menyikapi tantangan bisnis dan era globalisasi kedepan. Salah satunya peningkatan jumlah pengguna jasa jaminan pelayanan kesehatan dan beban kerja dirumah sakit yang meningkat pula menjadikan hal ini penting untuk disikapi dan dicermati sebaik mungkin. Survei dan data yang didapat pada tahun 2010 hingga sekarang jumlah penduduk miskin di indonesia mencapai 77 juta jiwa, dengan peserta JAMKESMAS adalah konsumen terbesar di puskesmas, rumah sakit, RSU dan RSUD. Sesuai dengan UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan diundangkannya UU No. 44 tahun 2011 tentang pelaksanaan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS), jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia akan dimulai secara bertahap pada tahun 2014. Tentunya apabila hal ini tidak disiasati dan ditanggapi serius akan berdampak pada beban kerja dan proses klaim medis yang meningkat. Data dari kementrian kesehatan saat ini, diperkirakan pada awal tahun 2014, jumlah rakyat yang mempunyai jaminan berjumlah lebih dari 140 juta orang. Tentunya hal ini akan menjadi kendala tersendiri apabila seluk beluk dan proses administrasi klaim JAMKESMAS tidak dibekali sedini mungkin ke seluruh manajemen rumah sakit yang terlibat. BMD Street Consultin dalam rangka membantu pengembangan SDM manajemen klaim rumah sakit, maka bermaksud menyelenggarakan Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit dengan metode dan kebutuhan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit agar mempunyai SDM yang mampu menyelesaikan klaim Jamkesmas di rumah sakit.

TUJUAN Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit ini bertujuan untuk:

  • Memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada peserta akan tantangan penyelenggaraaan jaminan kesehatan kedepan
  • Memberikan pengetahuan sekaligus skill kepada peserta agar mampu mengelola dan mengaplikasikan prosedur klaim JAMKESMAS sesuai dengan standar dan persyaratan
  • Diharapkan peserta mampu menyiapkan diri dan rumah sakitnya untuk mampu menghadapi tuntutan JAMKESMAS kedepan

 

BAHAN AJAR

  • Prinsip dan dasr-dasar kerja sama asuransi, baik dengan pemerintah dan pihak swasta
  • Selection aspect for insurance agreement
  • Billing system for insurance
  • Factors delay in payment
  • Tips and trik delay in payment and denial of payment  by insurer
  • Aspek bahaya moral dan dampak terhadap biaya kesehatan, serta bagaimana mengantisipasinya
  • Modus-modus kecurangan klaim
  • Sistem verifikasi tagihan untuk mengantisipasi bentuk-bentuk kecurangan
  • Teknik analisa dan verifikasi tagihan klaim: rawat jalan dan rawat inap

 

METODE PELAKSANAAN

Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit – ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok.

SIAPA PESERTANYA..??
Peserta yang wajib ikut dalam Training Klaim Medis dan Verifikasi JAMKESMAS Rumah Sakit ini adalah mereka dengan latar belakang profesi yang menjabat sebagai: direktur/manajer keuangan rumah sakit, bendahara yayasan/rumah sakit, staf ahli pajak rumah sakit/yayasan dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak terhadap proses klaim JAMKESMAS.
TRAINER
Profil TIM Pengajar Klik Disini
DURASI
2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI (Tidak Termasuk Penginapan)
Rp 6.250.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya)

Rp 7.250.000,00/peserta (Bali, Lombok, Balikpapan)

(Dapatkan Promo Cash Back/Discount Klik disini..!)

FASILITAS
Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
INFORMASI PENDAFTARAN & PROMO
Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291
CONTACT PERSON
0812 9578 8177, 0813 8280 7230

Email: [email protected]
Website: www.bmdsteet.co.id

JADWAL TRAINING KLAIM MEDIS DAN VERIFIKASI JAMKESMAS RUMAH SAKIT TAHUN 2023 :

  • 23-24 Januari 2023 Jakarta
  • 20-21 Februari 2023 Bogor
  • 20-21 Maret 2023 Yogyakarta
  • 27-28 April 2023 Bandung
  • 22-23 Mei 2023 Surabaya
  • 19-20 Juni 2023 Jakarta
  • 24-25 Juli 2023 Bogor
  • 21-22 Agustus 2023 Bali
  • 25-26 September 2023 Jakarta
  • 23-24 Oktober 2023 Yogyakarta
  • 20-21 November 2023 Bandung
  • 25-26 Desember 2023 Surabaya

JADWAL TRAINING KLAIM MEDIS DAN VERIFIKASI JAMKESMAS RUMAH SAKIT TAHUN 2024 :

  • 08-09 Januari 2024 Jakarta
  • 05-06 Februari 2024 Yogyakarta
  • 12-13 Maret 2024 Bandung
  • 08-09 April 2024 Surabaya
  • 06-07 Mei 2024 Bogor
  • 10-11 Juni 2024 Bali
  • 08-09 Juli 2024 Jakarta
  • 05-06 Agustus 2024 Yogyakarta
  • 09-10 September 2024 Bandung
  • 07-08 Oktober 2024 Surabaya
  • 11-12 November 2024 Bogor
  • 09-10 Desember 2024 Malang

REQUEST JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA DAN DAPATKAN HARGA KHUSUS UNTUK REQUEST SECARA PAKET

 

Butuh bantuan! Klik disini

Kami siap membantu, silahkan berkomunikasi langsung dengan Tim Kami yang sedang online saat ini. Jika jaringan sedang sibuk, mungkin karena sedang melayani pelanggan lain. Untuk respon cepat silahkan kirim email ke: [email protected] untuk pelayanan via Help Desk

Customer Support

Mei Dwi - Head Office

Online

Customer Support

Umu Hanifatul - Head Office

Online

Customer Support

Eva Arlinda - Head Office

Online

Customer Support

Andini Eryani - Head Office

Online

Mei Dwi - Head OfficeCustomer Support

Hi, Ada yang Bisa saya bantu pak/bu? 00.00

Umu Hanifatul - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Eva Arlinda - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00

Andini Eryani - Head OfficeCustomer Support

Yth. Bapak/ibu ada yang bisa saya bantu..? 00.00